RPP Luas Permukaan Prisma dan Limas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

I.    Identitas Mata Pelajaran

     1.    Nama Sekolah            : SMP

     2.    Kelas/ Program            : VIII

     3.    Semester/ Th. Pelajaran        : 2/ 2012-2013

     4.    Mata Pelajaran            : Matematika

     5.    Jumlah Pertemuan            : 1 x pertemuan

II. Standar Kompetensi :

5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas dan bagian-bagiannya serta menentukan ukurannya

 

III. Kompetensi dasar :
5.3 Menghitung luas permukaan dan volum kubus, balok, prisma dan limas.
IV. Indikator Pencapaian Kompetensi :

1. Menemukan rumus luas prisma dan limas

2. Menghitung luas prisma dan limas

V. Tujuan Pembelajaran :
  1. Siswa dapat menemukan rumus luas prisma dan limas
  2. Siswa dapat menghitung luas prisma dan limas
VI. Materi ajar : (Lampiran 1)
VII. Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
VIII. Metode Pembelajaran : Tanya Jawab dan Diskusi

IX . Kegiatan Pembelajaran

No

Kegiatan Belajar Mengajar

Waktu

Aspek Life Skill

1 Pendahuluan
  • Apersepsi
    • Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam
    • Guru mengecek kehadiran siswa dan memberikan pembinaan kerapian dan kebersihan kelas
    • Guru menyampaikan indikator pembelajaran pada pertemuan hari ini
1 menit * Disiplin

* Keterampilan menyimak informasi

  • Motivasi

    Siswa mengingat kembali rumus luas permukaan kubus dan balok

3 menit * Disiplin

* Keterampilan menyimak informasi

2 Kegiatan Inti
  • Eksplorasi
    • Dengan tanya jawab, guru bersama peserta didik membahas bentuk prisma dan limas yang ditemui di kehidupan sehari-hari.
    • Guru menjelaskan rumus luas prisma dan limas seperti yang terdapat power point kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
    • Guru menjelaskan bagian yang tidak dimengerti siswa

18 menit

* Kesungguhan
* Uji diri
* Eksistensi diri

* Potensi diri

* Disiplin

  • Elaborasi
    • Peserta didik secara berkelompok, menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan luas permukaan prisma dan limas. Selama proses diskusi guru memberikan arahan kepada kelompok-kelompok yang mengalami kesulitan.
    • Beberapa peserta didik secara acak diminta untuk mengerjakan di papan tulis dan peserta didik yang lain memberi komentar. Jika dalam pengerjaan peserta didik tersebut ada kesalahan maka guru mengarahkan ke jawaban yang benar melalui tanya jawab ke seluruh peserta didik.
12 menit * Kerjasama
* Kesungguhan
* Disiplin

* Uji diri

* Eksistensi diri

* Potensi diri

  • Konfirmasi
    • Guru bersama-sama peserta didik membahas soal yang tidak dapat diselesaikan dalam diskusi kelompok.
    • Guru memberikan penguatan tentang luas permukaan prisma dan limas
    • Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
4 menit * Kerjasama
* Kesungguhan
* Disiplin

* Uji diri

* Eksistensi diri

* Potensi diri

3 Penutup

  • Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan/ rangkuman pembealajaran pada pertemuan hari ini
  • Guru bersama peserta didik mengadakan refleksi pembelajaran pada pertemuan hari ini
  • Guru memberikan PR
  • Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
2 menit Pengendalian diri

X. Penilaian

  1. Teknik Penilaian : Tes
  2. Bentuk Penilaian : Tertulis (Uraian)

XI. Sumber Belajar

Buku Matematika Konsep dan Aplikasinya 2 untuk VIII SMP dan MTs ditulis oleh Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni

I. Alat-alat Pembelajaran

  1. LCD
  2. Laptop
  3. Komputer



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: